PELATIHAN PEMBINAAN KARIR MAHASISWA

Sebagai komitmen dalam upaya pembinaan karir para alumnus, DPKA memberi fasilitas pelatihan pembinaan karir mahasiswa yang rutin dilaksakan hampir tiap bulan. Agenda tersebut dikemas dalam bentuk workshop ataupun seminar yang banyak membahas tentang persiapan karir bagi fresh graduate. Dalam hal ini, DPKA bekerjasama dengan banyak perusahaan rekanan maupun ekspertis atau pegiat seleksi psikologi calon pegawai. Tema- tema yang sering diberikan yakni terkait persiapan mental menghadapi tes pegawai, persiapan CV yang menarik, tips dan trik lolos wawancara, dan lain sebagainya.

Beberapa Perusahaan telah melaksanakan seminar pelatihan pengembangan karir di lingkungan UB diantaranya yaitu Kalbe Nutritional, Kapal Api Global, Telkom, Otsuka, Astra Group, dll. Pemateri membagikan beberapa pengetahuan yang berkaitan dengan karir di perusahaan terkait. Berbekal pengalaman bertahun- tahun menangani proses wawancara calon pegawai yang bermacam- macam, penyampaian materi menjadi lebih menarik dan mudah dipahami oleh audience, serta memberi wawasan baru bagi para peserta seminar yang akan memasuki dunia kerja.

Tidak hanya perwakilan perusahaan, DPKA juga beberapa kali mendatangkan motivator dan pegiat seleksi tes psikologi calon pegawai. Peserta seminar akan mendapatkan berbagai tips dan trik melewati seleksi psikologi, membuat cv dan surat lamaran yang bagus, persiapan mental menghadapi interview dan lain sebagainya. Selain persiapan yang matang, motivasi juga dibutuhkan para fresh graduate dalam menghadapi dunia kerja, karena tidak semua alumnus langsung mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, beberapa yang lain harus melalui berkali- kali panggilan tes yang gagal, sehingga kehadiran motivator sangat dibutuhkan untuk menguatkan hati dan mental para alumnus. Menyadari pentingnya hal tersebut, DPKA berkomitmen untuk terus membina perkembangan karir bagi alumnus Universitas Brawijaya.

Informasi tentang seminar pengembangan karir akan selalu diperbarui pada laman website DPKA dan media sosial DPKA (Instagram, Facebook dan Twitter).